oleh

SMA Plus Muallimin 182 Rajapolah Gelar Sidang Karya Tulis Ilmiah

Tasikmalaya, hayatuna.net – SMA Plus Muallimin (SMUSIM) Pesantren Persis 182 Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan rangkaian agenda akhir penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi santri Kelas XII IPA dan IPS dengan pengujian Sidang Munaqasyah yang diselenggarakan sejak hari Senin 15 – 17 September lalu.

Penulisan Karya Tulis Ilmiah merupakan program wajib bagi kelas XII SMA Plus Muallimin sebagai salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Pesantren (UAP). Setelah KTI tersebut disetujui oleh pembimbing, mereka harus mempertahankannya dalam ujian sidang yang akan di ujikan nantinya.

Untuk mendukung hal tersebut, pihak pesantren selalu membentuk tim pembimbing yang terdiri dari beberapa asatidz dalam mengarahkan alur penulisan KTI baik dari isi dan lain sebagainya secara baik dan terukur.

KTI yang ditulis bisa bertema tentang kajian keagamaan, sains, teknologi, politik, ekonomi, sosial, bahasa, kesehatan, dan lain-lain. Ujian sidang KTI dilaksanakan maksimal selama 60 menit. Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan KTI-nya dan kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan dari penguji.

Diantara tujuan diadakannya pengujian tertulis dan lisaniyah KTI ini adalah menimbang dan mengevaluasi buah karya ilmiah dalam bentuk tertulis. Juga sebagai proses pembentukan daya pikir santri yang ilmiah, kritis, dan sistematis layaknya kader Jam’iyyah. Tutur ketua pelaksana, ustadz Rifqi Yuhana

Dalam pelaksanaan pengujian sidang, orang tua/wali murid dihadirkan agar menyaksikan secara langsung kemampuan dan kapasitas putra-putrinya. Selain itu, santri Kelas X dan XI pun ikut hadir di ruang sidang sebagai proses pembelajaran bagi mereka sekaligus uji mental bagi peserta sidang.

Semoga program ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi para santri Muallimin baik dari Rijalul Ghad maupun Ummahatul Ghad, sebagai persiapan dasar sebelum mereka terjun langsung menghadapi sekaligus membina masyarakat yang lebih luas. (AF)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *